Rabu, 10 Agustus 2016

Kelebihan dan Kekurangan Proyektor/projector Interaktif

Kelebihan Dan Kelemahan Proyektor Interaktif

Proyektor interaktif merupakan salah satu proyektor canggih yang dibekali dengan teknologi yang tidak dimiliki jenis proyektor lain, yaitu interactive. Sehingga, dalam penggunaannya pun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan proyektor lainnya. Akan tetapi, proyektor ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Kebutuhan proyektor yang semakin meningkat, membuat fitur dan teknologi yang dibenamkannya pun terus diperbaharui menjadi lebih baik. Teknologi interactive merupakan salah satu yang terbaik, hal ini yang membuat proyektor interaktif dalam penggunaannya ada beberapa perbedaan dibanding dengan yang lain. Berikut ulasan singkat kelebihan dan kelemahan menggunakan proyektor interaktif.

KELEBIHAN PROYEKTOR INTERAKTIF

Presentasi Lebih Hidup
Proyektor interaktif ini memberikan kombinasi yang berbeda antara si presenter dengan audien dalam mentransformasikan keseluruhan konsep pada presentasi. Suasana presentasi pun akan lebih hidup, yang dimana setiap audien dapat ikut serta dengan secara langsung memberikan komentar pada layar proyeksi. Sehingga dapat memberikan atau mengoptimalkan nilai dari presentasi tersebut.

Menulis Pada Layar Sentuh
Dengan adanya teknologi interactive ini, dalam pengoperasian atau penggunaannya dapat dilakukan dengan mudah, karena proyektor ini dapat menjadikannya layar sentuh. Cukup menggunakan pen interactive, semua perintah bisa dilakukan dengan praktis, seperti membuka dan menutup dokumen, melihat halaman per halaman, menggerakan, memperluas objek. Bahkan dengan pena ini Anda bisa menambahkan catatan langsung pada layar proyeksi.

Bisa Menyimpan Catatan
Bukan hanya bisa menambahkan catatan pada layar proyeksi, yang lebih menarik lagi proyektor interaktif ini juga dapat dikirim langsung via email, serta memungkinkan juga dapat dicetak secara langsung via printer ataupun juga bisa disimpan ke dalam drive Anda.

Tidak Memerlukan Banyak Tempat
 Interactive projector atau yang juga sebagai proyektor ultra short throw, yang dapat memproyeksikan gambar dengan jarak tembak yang sangat dekat. Dengan begitu, proyektor ini dapat dipasang di dinding atau set pada desktop maupun diletakan dipermukaan apapun, baik itu di dingin datar, papan tulis, maupun dilantai. Hal ini berarti, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruang kelas yang terbatas, ataupun ruang kantor dengan memutar setiap papan yang ada ke permukaan proyeksi.

Kualitas Gambar Baik
Untuk mendukung dalam mengoptimalkan hasil proyeksi, proyektor interaktif ini dibekali dengan brightness yang cukup besar yakni diatas 2700 lumens. Serta didukung dengan kontras rasio hingga 10.000:1. Dengan begitu hasil gambar yang diproyeksikan lebih baik dengan kedalaman warna yang detail dan utuh.

KELEMAHAN PROYEKTOR INTERAKTIF

Harga Tinggi
Dengan adanya teknologi interactive yang dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan, proyektor interaktif ini menawarkan harga yang cukup tinggi, yaitu diatas 20 jutaan. Harga ini terbilang tinggi, tapi memang diperuntukan untuk kelas-kelas professional.

Perawatan Yang Mahal
Perawatan pada proyektor biasanya terdapat pada lampu proyektornya, dengan adanya teknologi interactive ini yang tentu jika mengganti lampunya perlu merogoh kocek dalam-dalam. Biasanya harga lampu ini seper-empat bahkan setengah dari harga proyektor itu sendiri. Namun Anda jangan khawatir, umur lampu pada proyektor interaktif ini bisa mencapai 10.000 jam lamanya.

0 komentar:

Posting Komentar